Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan postingan dari Agustus, 2012

Perangkat Asumsi Filosofis Pendidikan Guru

<![endif]-->Program Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi (PGBK) dikembangakan bertolak dari perangkat kompetensi yang diperkirakan dipersyaratkan bagi pelaksanaan tugas-tugas keguruan dan kependidikan yang telah ditetapkan dan bermuara pada pendemonstrasian perangkat kompetensi tersebut oleh siswa calon guru setelah mengikuti sejumlah pengalaman belajar.

Perangkat kompetensi yang dimaksud, termasuk proses pencapaiannya, dilandasi oleh asumsi-asumsi filosofis, yaitu pertanyaan-pertanyaan yang dianggap benar, baik atas dasar bukti-bukti empirik, dugaan-dugaan maupun nilai-nilai masyarakat berdasarkan Pancasila. Asumsi-asumsi tersebut merupakan batu ujian di dalam menilai perancangan dan implementasi program dari penyimpangan-penyimpangan pragmatis ataupun dari serangan-serangan konseptual.

Asumsi-asumsi yang dimaksud mencakup 7 bidang yaitu yang berkenaan dengan hakekat-hakekat manusia, masyarakat, pendidikan, subjek didik, guru, belajar-mengajar dan kelembagaan. Tentu saja has…

Arti Pendidikan Bagi Manusia

Pendahuluan
Berbicara tentang pendidikan, maka membahas perkembangan peradaban manusia. Perkembangan pendidikan manusia akan berpengaruh terhadap dinamika sosial-budaya masyarakatnya. Sejalan dengan itu, pendidikan akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan kebudayaan. Banyak pendapat para tokoh  pendidikan yang kemudian berdampak terhadap peradaban manusia. Tulisan ini akan mendeskripsikan pendapat tentang arti pentingnya pendidikan bagi manusia, serta sasaran pendidikan secara umum di Indonesia.
Dari masa perkembangan peradaban kuno sampai munculnya abad “pencerahan” (renaisance) di eropa, bidang pendidikan mendapat tempat utama dan strategis dalam kehidupan pemerintahan. Pendidikan merupakan yang paling utama, hal itu setidaknya dapat kita lihat dari pendapat beberapa ahli berikut ini;
  Jean Jaqques Rosseau, seorang tokoh pembaharu Perancis menyebutkan, Semua yang kita butuhkan dan semua kekurangan kita waktu lahir, hanya akan kita penuhi melalu…

Pentingnya Pendidikan

Pendidikan tak bisa dipisahkan dengan rakyat. Pendapat inilah yang dianut oleh para pendiri bangsa dan tokoh pendidikan di awal kemerdekaan. Bagi mereka, pendidikan adalah aset sebuah bangsa dan dipergunakan untuk mencapai cita-cita kolektifnya.
Kita bisa menengok pemikiran Bung Hatta. Menurut Bung Hatta, pendidikan harus melayani kebutuhan rakyat. Karenanya, pelajaran atau kurikulum pun harus disesuaikan dengan kepentingan rakyat dalam perkembangannya. Artinya, jika sekarang rakyat sedang membangun, maka lembaga pendidikan mesti mencetak ‘tenaga pembangunan’.
Nah, supaya tanggung-jawab itu bisa terlaksana, maka pendidikan nasional harus mengutamakan pendidikan karakter. Bagi Bung Hatta, tujuan universitas tidaklah semata-mata mendidik orang untuk ilmu pengetahuan, tetapai juga untuk mendidik karakternya. “Ilmu dapat dipelajari oleh segala orang yang cerdas dan tajam otaknya, tetapi manusia yang berkarakter tidak bisa diperoleh begitu saja,” kata Bung Hatta.
Manusia berkar…

Teori Pendidikan

Teori – Teori Pendidikan Menurut Para Ahli
Teori – Teori Pendidikan
Menurut Para Ahli


1. Plato (filosof Yunani yang hidup dari tahun 429 SM-346 M) mengatakan bahwa : “Pendidikan itu ialah membantu perkembangan masing-masing dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesemurnaan.”
2. Aristoteles (filosof terbesar Yunani, guru Iskandar Makedoni, yang dilahirkan pada tahun 384 SM-322 SM) mengatakan bahwa : “Pendidikan itu ialah menyiapkan akal untuk pengajaran”.
3. Ibnu Muqaffa (salah seorang tokoh bangsa Arab yang hidup tahun 106 H- 143 H, pengarang Kitab Kalilah dan Daminah) mengatakan bahwa : “Pendidikan itu ialah yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan semua indera kita seperti makanan dan minuman, dengan yang lebih kita butuhkan untuk mencapai peradaban yang tinggi yang merupakan santaan akal dan rohani.”
4. Herbert Spencer (filosof Inggris yang hidup tahun 1820-1903 M) mengatakan bahwa : “Pendidikan itu ialah menyiapk…

Lirik Lagu 17 Agustus Tahun 1945

Peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di semua daerah dilakukan dengan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus. menjelang peringatan 17 Agustus di setiap sudut kota, desa dan kampung terpasang bendera merah putih sebagai lambang kebanggaan rakyat Indonesia yang mengingatkan akan perjuangan para pahlawan yang gugur dimedan pertempuran. 

secara pribadi saya bangga menjadi anak Indonesia. oleh karena itu dalam rangka memperingati Hari jadinya Indonesia berikut saya postingkan Lirik Lagu 17 Agustus Tahun 1945 . Semoga bermanfaat


Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia

Sekali merdeka tetap merdeka

Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan IndonesiaKita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Download Mp3 Takbiran Lebaran Idul Fitri

Lebaran tinggal bentar lagi ne mas bro.. banyak yang perlu dipersiapkan mulai dari baju lebaran, jajan lebaran, dan gak kalah pentingnya ne ampao bagi yang sudah kerja untuk dibagikan kepada sanak keluarganya... he he...  oya  hampir lupa, khusus ini buat pencinta musik yang suka banget dengan musik takbiran, ne ane sharekan beberapa musik takbiran yang nanti bisa diputar pas lebaran. kan biasa kalau lebaran  dimana-mana terdengar gema takbiran. 
Ne ane share kan situs yang menyediakan Mp3 gema takbiran.. klik di sini

Tips Memilih Baju Lebaran

Minggu terakhir puasa jelang laebaran khususnya toko pakian ne mulai ramai dikunjungi pembeli, terutama toko yang menjual busana muslim. Pasalnya sudah menjadi tradisi di hari lebaran kebanyakan memakai pakian baru.  Nah biar gak salah pilih waktu beli pakian berikut ne ada tipsnya : 
Tips Memilih Baju Lebaran Sesuai Bentuk Tubuh - Cara Memilih Busana - Semua wanita tentu ingin tampil mempesona saat merayakan Hari Raya Lebaran. Namun kadang-kadang bingung untuk menentukan Busana mana yang tepat dipakai saat lebaran, mengingat bentuk tubuh yang kadang tidak sesuai dengan busana yang di inginkan. Berikut ini Kesah.com akan memberikan tips memilih baju lebaran yang sesuai dengan bentuk tubuh.
Baju Lebaran untuk Tubuh Lurus
Bagi Anda yang memiliki tubuh lurus, sebaiknya berikan perhatian pada cara menambahkan lekukan tubuh. Pilih baju muslim yang berpotongan di pinggang. Misalnya saja gamis atau abaya yang dilengkapi detail pada pinggang.

Jika Anda tidak ingin mengenakan terusan …

SMS Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H

Gak terasa ya, lebaran tinggal sebentar lagi tinggal hitungan hari saja,. padahal kemarin rasanya mulai puasa.  mmm.... waktu ini terus berjalan, bagi orang yang  yang menjalankan puasa dengan sungguh-sungguh gak terasa bulan ramdhan ini cepat baginya.. malah pengen nambah lagi.. he he . ya tapi mudah-mudahanlah teman-teman khsusnya umat Islam puasanya gak ada yang bolong.  Nah biasanya menjelang lebaran sudah mulai sibuk otak-atik hp mengirim ucapan selamat pada sahabat, teman, pacar, dan krabatnya. saking banyaknya yang kirim sms ne  terkadang seperti kebiasaan tahun2 lalu layan sms dari provider sering down atau overload.. banyangkan saja. puluhan ribu orang bahkan jutaan orang yang kirim sms ucapan selamat lebaran dalam waktu bersamaan gimana gak gangguan providernya...  hihi jadi lupa ne buat sharingkan sms ucapan selamat hari raya. ne teman-teman yang pengen sms ucapan selamat lebaran berikut di bawah ini..
Tiada gading yg tak RETAK
tiada tuyul yg tak BOTAK
tiada bisul yg tak …

Cara Penulisan Skripsi

Oke teman-teman, kita ketahui bersama kalau skripsi merupakan salah satu dari karya Ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian kuantitatif dan kualitatif. Nah dalam menulis skripsi  memliki aturan dan tata cara yang sudah dibakukan. Kebetulan ne bagi teman-teman yang sedang menyusun skripsi jikalau belum tau cara penulisannya.berikut contoh cara penulisan skripsi  
Silahkan Download di sinicara penulisan skripsi

Berpuasa ala Rasulullah

Tuntutan Puasa Ala Rasulullah. Sebagai umat Islam, kita semua tentu bercita-cita bisa beribadah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Shalat seperti yang dicontohkan Rasul, makan, minum, tersenyum, dan amal ibadah lainnya seperti yang diajarkan Rasulullah SAW.

Tak mudah mengikuti seperti apa yang diberikan dan disampaikan oleh Rasul SAW. Sebab, beliau adalah teladan terbaik bagi seluruh umat manusia. Beliau adalah pemimpin yang tak ada bandingannya di dunia ini. Banyak orang mengakui keagungan dan kehebatan Rasulullah.
Beliau adalah contoh bagi orang kaya dalam kedermawanannya, beliau adalah contoh bagi orang miskin dalam kesederhanaan dan kezuhudannya, dan Rasulullah SAW adalah teladan bagi pemimpin dalam ketegasan dan kebijaksanaannya.

Dalam Alquran, Allah memuji Rasulullah SAW sebagai suri teladan yang baik bagi umat. “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedata…

Download RPP dan Silabus PPKN SD Berkarakter

Download RPP dan Silabus PPKN SMP

Setiap mata pelajaran yang diajarkan membutuhkan RPP dan Silabus, sudah barang tentu RPP dan Silabus menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan, rasanya kurang kalau aktivitas belajar mengajar tanpa menggunakan RPP dan Silabus. oleh karena itu mengingat pentingnya RPP dan Silabus blog ini akan terus memposting dan membagikan RPP dan Silabus. Pada postingan kali ini saya ingin berbagi RPP dan Silabus untuk mata pelajaran PPKN tingkat SMP. teman-teman guru yang sedang mencari RPP dan Silabus PPKN silakan download link di bawah ini 
RPP PPKn SMP Kelas VII RPP PPKn SMP Kelas VIII RPP PPKn SMP Kelas IX Silabus  PPKn SMP Kelas VII Silabus  PPKn SMP Kelas VIII Silabus  PPKn SMP Kelas IX 

Download Contoh RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMA Berkarakter

RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMA Berkarakter. pada postingan yang lalu saya sudah membagikan contoh RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP dan SD. kali ini saya kembali memposting dengan tema yang sama tapi untuk tingkatan SMA. pada dasarnya sih sama saja pada format penyusunannya, cuman bedanya pada tingkatan dan materi.
Contoh RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMA Berkarater ini hasil pencarian dari mbh google yang kembali dibagikan pada blog ini.. semoga saja bermanfaat..

berikut link downloadnya

RPP Bahasa Inggris SMA Berkarakter Kelas X
RPP Bahasa Inggris SMA Berkarakter Kelas XI
RPP Bahasa Inggris SMA Berkarakter Kelas XII

Silabus  Bahasa Inggris SMA Berkarakter Kelas X
Silabus  Bahasa Inggris SMA Berkarakter Kelas XI
Silabus  Bahasa Inggris SMA Berkarakter Kelas XII 

Robot Meniru Gaya Dancing Manusia

Perkembangan tehnologi dewasa ini melahirkan robot-robot pintar yang mampu meniru prilaku manusia. tidak hanya meniru bagaimana manusia berkatifitas namun, lebih dari itu robot sudah bisa meniru gerakan dancing manusia.
Dalam situs youtube video berdurasi 3.26 menit, menampilkan robot-robot pintar yang sedang melakukan gerakan dancing. Nampak jelas robot-robot tersebut melakukan gerakan koriografi dengan sempurna mengikuti irma music. Robot-robot tersebut dibuat  Perusahaan Sony Jepang  dan telah dipamerkan beberapa tahun yang lalu sebagai contoh teknologi robot terbaru.

Penasaran....? Lihat videonya di sini




RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Berkarakter

RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Berkarakter ini saya sharekan kepada teman-teman yang membutuhkan, semoga berguna. Pada postingan yang lalu beberapa RPP  telah saya posting  termasuk Contoh RPP dan Silabus Bahasa Inggris SD Berkarakter. RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Berkarakter ini kebetulan saya dapatkan disalah satu blog teman hasil pencarian di google, terus saya posting kembali di blog ini, ya itung-itung mempermudah teman-teman yang mencari RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Berkarakter .. tidak terlalu lengkap sih namanya aja contoh, tapi mudah-mudahan contoh ini bermanfaat bagi anda.  Yuk... langsung saja download... berikut linknya  RPP Bahasa Inggris SMP Berkarakter Kelas VII RPP Bahasa Inggris SMP Berkarakter Kelas VIII RPP Bahasa Inggris SMP Berkarakter Kelas IX Silabus Bahasa Inggris SMP Berkarakter Kelas VII Silabus Bahasa Inggris SMP Berkarakter Kelas VIII Silabus Bahasa Inggris SMP Berkarakter Kelas IX