Langsung ke konten utama

Dowload RPP SD Tematik

Download RPP SD Tematik- sebelumnya pada blog ini sudah banyak memposting RPP SD, SMP dan SMA/SMK. kali kembali memposting RPP SD Tematik. 
Aktivitas mengajar tentu saja berpanduan pada RPP, oleh karenanya peran RPP sangat penting dalam mendukung berjalannya tujuan pembelajaran. 
 
Sebagai contoh penyusunan RPP SD Tematik sebagai berikut 
 
Standar Kompetensi :
1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 
                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.        
2. IPA              :  Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara 
                           perawatannya.
3. PKN            :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·   Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·   Berbicara         :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
·   Membaca         :  Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·   Menulis            :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan  :
·   Mengapresiasi karya seni rupa.
·   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.

2. IPA :
·         Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

3.  PKN :
·         Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

4.  Matematika :
·         Membilang banyak benda .
·         Mengurutkan banyak benda.
5.  Bahasa Indonesia :
·         Membedakan bunyi bahasa.
·         Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·         Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·         Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..

I.    Tujuan Pembelajaran**  :
·         Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada  di rumahnya.
·         Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
·         Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
·         Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
·         Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·         Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
·         Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·         Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
·         Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·         Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·         Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·         Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·         Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·         Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
·         Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·         Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·         Siswa dapat menyalin/mencontoh  huruf, suku kata dan kata.
·         Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
·         Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
·         Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
·         Hidup rukun dalam perbedaan
·         Oprasi hitung.
·         Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
·         Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
·         Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
·         Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
·         Membuat karya kerajinan .

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

Lebih lengkapnya silahkan download link berikut ini... silahkan klik di sini 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODELOGI PENELITIAN

A. Pengertian Metotelogi berasal dari kata methodology artinya ilmu yang menerangkan metoda-metoda/caracara. Penelitian adalah terjemahan dari bangsa ingris “research” yang terdiri dari kata re (mengulang) dan search (pencarian, penelusuran dan penelitian), maka reseach dapat diartikan berulang melakukan pencarian. Sedangkan menurut kamus bahasa Indonesia dalam Irwan Soehartono (2000:1), penelitian berarti pemeriksaan yang teliti. Jadi metodelogi penelitian adalah seperangkat pengetahuan tentang langkah-langkah sistematis dan logis tentang pencarian data yang yang berkenaandengan masalah yang tertentu untuk diolah, dianalisis, diambil kesimpulan dan selanjutnya dicarikan pemecahan masalahnya. B. Sejarah Perkembangan Metodologi Penelitian Hadi mengatakan dalam Wardi Bachtiar (1997:9) tampaknya para pakar metodologi penelitian sepakat dengan pendapat Fummel yang mengungkapkan bahwa sejarah perkembangan mencari kebenaran yang berlangsungdalam periode-periode pertama adalah trial er...

Perkembangan Afeksi Pada Remaja

BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Remaja merupakan salah satu periode kehidupan yang dimulai dengan perubahan biologis pada masa pubertas dan diakhiri dengan masuknya seseorang ke dalam tahap kedewasaan. . Menurut Singgih perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungannya . Menurut H. Werner perkembangan lebih menujukkan pada perubahan dalam satu arah da bersifat tetap. Perkembangan juga diartikan sebagai ”peruibahan-perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya atau kematangannya (maturation) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan, baik menyangkut fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah)”. Perkembangan merupakan perubahan psikofisik sebagai hasil dari proses pematangan fungsi psikis dan fisik pada remaja yang ditunjang oleh factor lingkungan dan proses belajar dalam waktu tertentu. Dimana pada perkembangan afeksi remaja ini ju...

“ SIFAT DAN RUANG LINGKUP ILMU POLITIK”

Ilmu politik dapat di bedakan dengam ilmu social lain sejauh hal tersebut berkenan dengan wujud pengawasan atau kekuasaan di dalam masyarakat. Max webar memandang organisasi atau perkumpulan sebagai politk “ bila dan hanya apabila penyelenggaraan tatanan politik di laksanakan secara berkesinambungan dengan penggunaan paksaan terhadap anggota-anggota dalam batas teritorialnya. Ilmu politik dapat di bedakan dengam ilmu social lain sejauh hal tersebut berkenan dengan wujud pengawasan atau kekuasaan di dalam masyarakat. Max webar memandang organisasi atau perkumpulan sebagai politk “ bila dan hanya apabila penyelenggaraan tatanan politik di laksanakan secara berkesinambungan dengan penggunaan paksaan terhadap anggota-anggota dalam batas teritorialnya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, kajian ilmu politik lebih di pusatkan pada hubungan-hubungan dan pola-pola intraksi individu dan politik juga lebih di pandang sebagai satu aspek dari prilaku manusia di dalam batas-batas lingkungannya Seb...