Langsung ke konten utama

Contoh RPP Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) Kelas XI 2013

RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)
 Mata Pelajaran            : TEKNOLOGI INFORMASI  DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester          : XI / 1 (SATU)
Waktu                         :  6 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer
Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Tanjung Raja

A.        KOMPETENSI DASAR

1.1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

 

B.         INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

·     Mendeskripsikan fungsi  perangkat keras yang digunakan untuk akses internet
·     Mendeskripsikan peran internet service provider (ISP)
·     Mendeskripsikan user ID dan Pasword

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Pertemuan  Ke-1
·     Mendeskripsikan Local Area  Network (LAN)
·     Mendeskripsikan Wide Area Network (WNA)
Pertemuan Ke-2
·     Mendeskripkan fungsi dari internet
·     Menyebutkan bagian-bagian dari perangkat keras (hardware) untuk akses internet
Pertemuan Ke-3
·     Memahami cara memilih ISP
·     Mendeskripsikan User ID dan Password
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

D.        MATERI PEMBELAJARAN

·         Perangkat Keras Internet

E.         MODEL PEMBELAJARAN

Multimodel Pembelaajaran (Model pembelajaran kooperatif & Pembelajaran Langsung)

F.         SUMBER BELAJAR

§   Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
§   Seperangkat computer
§   LCD
 
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet
·   Guru menginformasikan kepada siswa tentang perangkat keras yang digunakan
·   Melalui diskusi kelompok dan panduan buku pegangan siswa mendeskripsikan tentang ISP, istilah-istilah dalam bidang internet
·   Melalui diskusi kelompok  mendeskripsikan tentang User ID dan Pasword
·   Siswa dapat Mendeskripsikam fungsi perangkat keras yang digunakan untuk akses internet
·   Siswa dapat Mendeskripsikan Peran Internet Service Provider (ISP)
·   Siswa dapat Mendeskripsikan User ID dan Pasword

 

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.Pendahuluan

·         Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
·         Apersepsi tentang komunikasi jarak jauh
·         Motivasi kemudahan internet

B. Kegiatan Inti

Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru meminta agar ketua kelas membagi siswa dalam kelas untuk membentuk kelompok dengan jumlah 1 kelompok paling banyak 5 orang.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru membagikan masalah atau pokok permasalahan pada setiap kelompok
·         Siswa berdiskusi secara berkelompok mengenai Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN) dan Manfaat internet  (Setiap kelompok membahas masalah yang berbeda)
·         Guru memantau jalannya diskusi
·         Setiap kelompok  maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusi
·         Setelah diskusi selesai siswa dibimbing untuk menyelesaikan masalah yang belum terpecahkan
·         Siswa diajakan untuk membuat kesimpulan pembelajaran pada saat itu

Pertemuan Ke-2
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok  dengan jumlah siswa paling banyak 5 orang
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa diminta untuk membahas secara berkelompok materi Perangkat Keras internet dan istilah-istilah dalam internet
·         Guru membimbing jalanya diskusi
·         Beberapa kelompok diminta maju ke depan dengan cara diundi untuk mempresentasikan hasil diskusinya pada saat itu
·         Guru membimbing jalannya diskusi agar semua Indikator Pencapaian Kompetensi dapat  tercapai
·         Siswa dibimbing untuk mengambil kesimpulan dan membuat rangkuman akhir
·         Guru melakukan evaluasi berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah perkembangn komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang

Pertemuan ke-3 (1 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·          Guru menginformasikan mengenai ISP, User ID dan proses pengolah DNS
·         Cara setup Modem, cara dial lewat telepon
·         Siswa menyimak dan membuat rangkuman dari informasi yang diberikan guru
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa diajak untuk membuat kesimpulan pembelajaran pada saat itu
1 Jam Pelajaran digunakan untuk Ulangan Blok ke-1
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C.  Penutup

·         Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·         Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

H.        PENILAIAN

·     Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
(Lihat Buku Jilid 2 – Uji Indikator Pencapaian Kompetensi halaman 5, halaman 10, 14 dan halaman 22
·     1.  Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer

No
Bidang Penilaian
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang
1
Kemampuan mengidentifikasi hardware untuk internet




2
Keterampilan mensetup modem




3
Keterampilan mensetup untuk dial melalui telepon rumah (telkomne@instan)




4
Keterampilan mengadakan dialing (hubungan ke halaman internet melalui telkomnet@instan)




Rata-rata






Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 70
Sangat baik >=90, Baik  90 -  80, Sedang 80 – 70, Kurang < 70





Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODELOGI PENELITIAN

A. Pengertian Metotelogi berasal dari kata methodology artinya ilmu yang menerangkan metoda-metoda/caracara. Penelitian adalah terjemahan dari bangsa ingris “research” yang terdiri dari kata re (mengulang) dan search (pencarian, penelusuran dan penelitian), maka reseach dapat diartikan berulang melakukan pencarian. Sedangkan menurut kamus bahasa Indonesia dalam Irwan Soehartono (2000:1), penelitian berarti pemeriksaan yang teliti. Jadi metodelogi penelitian adalah seperangkat pengetahuan tentang langkah-langkah sistematis dan logis tentang pencarian data yang yang berkenaandengan masalah yang tertentu untuk diolah, dianalisis, diambil kesimpulan dan selanjutnya dicarikan pemecahan masalahnya. B. Sejarah Perkembangan Metodologi Penelitian Hadi mengatakan dalam Wardi Bachtiar (1997:9) tampaknya para pakar metodologi penelitian sepakat dengan pendapat Fummel yang mengungkapkan bahwa sejarah perkembangan mencari kebenaran yang berlangsungdalam periode-periode pertama adalah trial er...

Perkembangan Afeksi Pada Remaja

BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Remaja merupakan salah satu periode kehidupan yang dimulai dengan perubahan biologis pada masa pubertas dan diakhiri dengan masuknya seseorang ke dalam tahap kedewasaan. . Menurut Singgih perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungannya . Menurut H. Werner perkembangan lebih menujukkan pada perubahan dalam satu arah da bersifat tetap. Perkembangan juga diartikan sebagai ”peruibahan-perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya atau kematangannya (maturation) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan, baik menyangkut fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah)”. Perkembangan merupakan perubahan psikofisik sebagai hasil dari proses pematangan fungsi psikis dan fisik pada remaja yang ditunjang oleh factor lingkungan dan proses belajar dalam waktu tertentu. Dimana pada perkembangan afeksi remaja ini ju...

“ SIFAT DAN RUANG LINGKUP ILMU POLITIK”

Ilmu politik dapat di bedakan dengam ilmu social lain sejauh hal tersebut berkenan dengan wujud pengawasan atau kekuasaan di dalam masyarakat. Max webar memandang organisasi atau perkumpulan sebagai politk “ bila dan hanya apabila penyelenggaraan tatanan politik di laksanakan secara berkesinambungan dengan penggunaan paksaan terhadap anggota-anggota dalam batas teritorialnya. Ilmu politik dapat di bedakan dengam ilmu social lain sejauh hal tersebut berkenan dengan wujud pengawasan atau kekuasaan di dalam masyarakat. Max webar memandang organisasi atau perkumpulan sebagai politk “ bila dan hanya apabila penyelenggaraan tatanan politik di laksanakan secara berkesinambungan dengan penggunaan paksaan terhadap anggota-anggota dalam batas teritorialnya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, kajian ilmu politik lebih di pusatkan pada hubungan-hubungan dan pola-pola intraksi individu dan politik juga lebih di pandang sebagai satu aspek dari prilaku manusia di dalam batas-batas lingkungannya Seb...