Langsung ke konten utama

Rahasia Sukses, Belajar di Perguruan Tinggi

Sukses belajar diperguruan tiggi dengan hasil memuaskan sesuai harapan, dan bisa memberikan kebanggaan orang tua, tentu menjadi dambaan dan harapan setiap mahasiswa, tanpa terkecuali anda. Untuk itu berbagai cara belajar, usaha sudah pasti akan anda lakukan untuk mencapai hal tersebut. Sebab belajar di Perguruan Tinggi (PT), memang jelas berbeda dengan belajar di bangku sekolah, dan dituntut lebih mandiri. Ada beberapa hal mesti anda lakukan, agar bisa sukses belajat di PT berikut ini.:

1. Belajar efektif (smart) bukan belajar keras (hard)
Cara belajar yang benar pada prinsipnya adalah bukan lama waktu belajar (kuantitasnya) akan tetapi lebih mengarah kepada belajar yang tepat atau dengan istilah smart. Sebagai contoh yang mudah adalah ketika besok anda ujian dengan bahan dari satu buku, maka belajar keras akan mendorong anda untuk membaca seluruh isi buku satu per satu sehingga memakan waktu yang lama.

Belajar efektif tidak mengajarkan seperti itu, tetapi lebih memilih mengambil poin-poin atau fokus-fokus yang benar atau intisari dari buku tersebut. Jika anda lebih
http://www.fileskripsi.com/#_
memilih belajar keras, maka waktu anda akan habis dengan belajar. Padahal belajar yang efektif cuma cukup beberapa jam saja. Ibarat sebuah mesin jika terlalu lama dipakai akan kepanasan (overheat) dan malah berakibat fatal.

Demikian juga dengan tubuh dan otak kita. Jangan pernah paksakan diri kita belajar sampai larut atau diporsir sampai tidak istirahat sama sekali. Cara belajar yang efektif juga mengajarkan untuk memasukkan segala sesuatu secara pelan-pelan tetapi rutin. Ibarat sebuah gelas kecil lonjong anda tumpahkan dengan seisi ember maka akan lebih banyak yang tumpah. Sedangkan jika anda isi sedikit demi sedikit tetapi rutin maka akan banyak yang lebih masuk.

2. Mandiri
Sistem perkuliahan memang sedikit berbeda dengan sistem belajar mengajar di sekolah. Perkuliahan mengajarkan kita untuk lebih mandiri. Mandiri disini dapat berarti banyak hal seperti harus belajar buku sendiri, berlatih sendiri dan tidak terlalu menggantungkan diri dengan dosen. Dosen hanya sebagai fasilitator atau sebagai jembatan bagi anda untuk mengetahui bagian mana yang kurang mengerti atau mempertajam bagian yang anda sudah mengerti.

Paradigma ini memang sedikit berbeda dibandingkan dengan sekolah dimana murid masih sangat bergantung kepada guru. Tidak demikian di perkuliahan karena perkuliahan mengajarkan anda untuk lebih mandiri. Tidak hanya mandiri dalam belajar tetapi juga dalam segala hal. Mandiri dalam mengatur waktu, keuangan, memperoleh informasi atau update dari kampus, mandiri dalam mengelola diri sendiri dan orientasi ke depan.

3. Manajemen Waktu yang baik

Banyak hal yang berubah ketika anda menginjak kuliah. Jika sebelumnya di sekolah anda sudah teratur sekolah dari pagi jam 7 hingga siang, maka kuliah agak sedikit berbeda. Jam kuliah terkadang tidak teratur. Anda harus pandai mengatur waktu dengan baik. Terkadang kegiatan-kegiatan perkuliahan juga harus membutuhkan persiapan lebih seperti kegiatan praktikum laboratorium. Atau anda sebagai mahasiswa baru terkadang disibukkan dengan urusan OSPEK atau sejenisnya sehingga waktu anda semakin habis. Apalagi jika anda hidup mandiri seperti di kost atau asrama. 
Terkadang waktu anda sedikit tersita untuk urusan rumah tangga seperti mencuci baju, memasakan dan sejenisnya. Untuk itu, anda harus semakin pintar membagi waktu dengan baik. Kapan anda harus meluangkan waktu untuk belajar dan melakukan aktivitas-aktivitas yang lain. Kurangi aktivitas yang dirasa kurang perlu atau malah cenderung kurang produktif.

4. Berpikir dan Bermotivitasi yang Positif

Untuk kuliah pertama pasti akan merasa shock atau terkejut dengan lingkungan, cara belajar, dosen-dosen atau teman-teman kuliah. Pada awalnya mungkin anda akan kesulitan untuk beradaptasi pada lingkungan kampus yang baru. Dan pada akhirnya kadang anda akan mencari kambing hitam seperti salah memilih jurusan atau salah memilih kampus. Untuk itu, jangan pernah merasa salah mengambil jurusan atau salah memilih tempat. Pemikiran-pemikiran seperti ini justru akan mengecilkan hati anda atau mengecilkan semangat anda untuk selalu lebih maju.

Berpikirlah secara positif sehingga anda juga akan termotivitas secara positif. Orang yang berpikir positif akan selalu bersikap bahwa setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya. Kesulitan saat ini akan menjadi jalan mudah anda di masa yang akan datang. Jangan pernah berkecil hati atau menyerah di awal perkuliahan karena dengan anda menyerah sejak sekarang berarti anda telah meninggalkan sikap positif anda.

5. Hidup adalah keseimbangan.

Prinsip selanjutnya adalah hidup adalah keseimbangan. Meskipun anda seorang mahasiswa, bukan berarti anda harus menghabiskan waktu anda dengan belajar terus menerus atau membaca buku. Anda juga harus mengimbangi aktivitas anda dengan kegiatan seperti olahraga, musik, kegiatan kerohanian atau kegiatan keorganisasian.

Seperti layaknya tubuh kita adalah harus mendapatkan keseimbangan secara fisik dan psikis maka anda jangan paksakan tubuh anda melakukan kegiatan yang rutin yang melelahkan. Kegiatan yang berbau hiburan cukup membantu anda menyeimbangkannya. Tetapi yang penting jangan sampai anda terlalu banyak kegiatan hiburan yang cenderung menjadi kecanduan.

Sebagai contoh main game yang tidak tahu waktu atau setiap malam mengunjungi diskotik merupakan kegiatan yang justru menghilangkan keseimbangan hidup anda. Jika hidup anda dihiasi dengan hal-hal yang indah, tubuh segar, pikiran segar maka belajar akan lebih mudah serta motivasi dan sikap anda juga akan selalu positif.

Berikut Ini Beberapa Tips Lain Kiat Sukses Kuliah di Perguruan Tinggi:

1. Syukurilah bahwa anda telah diterima kuliah di Perguruan Tinggi. Begitu banyak orang atau anak muda di dunia ini yang tidak memiliki kesempatan untuk mengecap pendidikan tinggi seperti anda. Karena itu kesempatan yang anda peroleh ini jangan disia-siakan.

2. Perlu niat dan tekad yang kuat bahwa anda akan menyelesaikan kuliah anda dengan baik, dan itu sangat berarti bagi masa depan anda. Benar banyak kasus orang yang sukses sekalipun mereka tidak kuliah atau tidak menyelesaikan kuliahnya, tetapi pasti lebih banyak orang yang sukses yang sebelumnya telah menyelesaikan kuliah mereka di perguruan tinggi dengan baik.

3. Bapak saya dulu selalu bilang: “Sama-sama makan nasi, orang lain bisa, mengapa saya tidak”.

4. Anda perlu punya motivasi yang kuat, misalnya, saya dulu menguatkan motivasi untuk segera menyelesaikan kuliah saya karena saya tidak ingin membebani orang tua saya dengan biaya kuliah, saya ingin cepat dapat kerja dan membantu orang tua.

5. Carilah teman-teman yang baik yang memberi semangat anda untuk kuliah dengan baik, yang bisa diajak belajar bersama, bukan sekedar main-main atau hura-hura. Saling memotivasi dan membantu diantara teman itu penting.

6. Saya termotivasi untuk berprestasi baik di perguruan tinggi diantaranya agar mudah mendapatkan beasiswa, dan kelak agar mudah mendapatkan kerja. Dunia usaha atau lembaga pemerintah saat ini menyeleksi pelamar para sarjana salah satunya dengan nilai IPK mereka, biasanya minimal 2,75.

7. Ciptakan suasana bersaing yang sehat dengan teman, selain tentu saja suasana saling membantu. Misal, kalau anda dapat A dan teman anda dapat B, maka teman anda harus mentraktir anda !

8. Setiap hari sempatkan untuk membaca bahan kuliah, jangan ditunggu sampai menjelang ujian, apalagi kalau baru dibaca semalam sementara ujiannya besok pagi.

9. Buat strategi belajar yang baik sesuai dengan sifat perkuliahnnya. Misal, untuk menguasai kalkulus atau fisika, anda harus memahami konsepnya dengan baik dan berlatih soal-soal sesering mungkin.

10. pengalaman saya, untuk memahami suatu konsep atau teori dengan baik, baca dari beberapa referensi, dan jangan hanya mengacu dari satu referensi saja.

11. to be continued….insyaAllah
Demikianlah sekelumit cara belajar sukses di PT, semoga bermanfaat dan sukses selalu buat teman-teman yang baru masuk belajar di PT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Afeksi Pada Remaja

BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Remaja merupakan salah satu periode kehidupan yang dimulai dengan perubahan biologis pada masa pubertas dan diakhiri dengan masuknya seseorang ke dalam tahap kedewasaan. . Menurut Singgih perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungannya . Menurut H. Werner perkembangan lebih menujukkan pada perubahan dalam satu arah da bersifat tetap. Perkembangan juga diartikan sebagai ”peruibahan-perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya atau kematangannya (maturation) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan, baik menyangkut fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah)”. Perkembangan merupakan perubahan psikofisik sebagai hasil dari proses pematangan fungsi psikis dan fisik pada remaja yang ditunjang oleh factor lingkungan dan proses belajar dalam waktu tertentu. Dimana pada perkembangan afeksi remaja ini ju

Embrio Pada Tumbuhan

BAB I PENDAHULUAN  A. Latar Belakang Tumbuh tumbuhan berawal dari embrio, embrio akan muncul karena adanya pembuahan dan polinasi. Kormus yang sudah memperlihatkan diferensiasinya dapat kita lihat seperti: akar,batang daun,semua itu terbentuk dari embrio,dimana embrio tersebut akan berkembang menjadi tumbuhan,tumbuhan yang dewasa akan menghasilkan bunga,dan kemudian menjadi buah melalui proses polinasi.sedangkan pembuahan merupakan pristiwa peleburan antar sel telur yang terjadi pada kandung lembaga dengan suatu inti yang berasal dari serbuk sari. Sudah jelas dalam proses pertumbuhan dan perkembangan diawali dengan polinasi, kemudian tahap pertahap membentuk zigot dan kemudian berkembamg menjadi embrio. Biji dibatasi sebagai embrio, yang merupakan embrio sporofit diploid belum dewasa yang berkembang dari zigot, dikelilingi oleh jaringan nutrisi dan dilindungi kulit biji. Secara umum embrio terdiri dari akar yang disebut radikula , meristem pucuk apical yang disebut epikotil

“ SIFAT DAN RUANG LINGKUP ILMU POLITIK”

Ilmu politik dapat di bedakan dengam ilmu social lain sejauh hal tersebut berkenan dengan wujud pengawasan atau kekuasaan di dalam masyarakat. Max webar memandang organisasi atau perkumpulan sebagai politk “ bila dan hanya apabila penyelenggaraan tatanan politik di laksanakan secara berkesinambungan dengan penggunaan paksaan terhadap anggota-anggota dalam batas teritorialnya. Ilmu politik dapat di bedakan dengam ilmu social lain sejauh hal tersebut berkenan dengan wujud pengawasan atau kekuasaan di dalam masyarakat. Max webar memandang organisasi atau perkumpulan sebagai politk “ bila dan hanya apabila penyelenggaraan tatanan politik di laksanakan secara berkesinambungan dengan penggunaan paksaan terhadap anggota-anggota dalam batas teritorialnya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, kajian ilmu politik lebih di pusatkan pada hubungan-hubungan dan pola-pola intraksi individu dan politik juga lebih di pandang sebagai satu aspek dari prilaku manusia di dalam batas-batas lingkungannya Seb