Langsung ke konten utama

CONTOH PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENINGKATAN CARA BELAJAR SISWA MELALUI SISTEM MODULAR
PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN
KELAS X JURUSAN AKUNTANSI  DAN TATA BUSANA

A. Pendahuuan
1.      Latar Belakang Masalah
Kegiatan Belajar di sekolah adalah rangkaian kegiatan dari sebuah system yang memerlukan perlengkapan antara lain Kepala Sekolah, Staf Tata Usaha, Guru, Siswa maupun sarana prasarana lainnya. Salah satu hal yang penting dalam memudahkan kegiatan belajar mengajar adalah buku buku pegangan untuk siswa. Materi kewirausahaan di SMK sering mengalami perubahan seiring dengan perubahan kurikulum yang ada.Pada saat ini di SMK diterapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang menuntut siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri, dimana peranan guru ditempatkan sebagai sarana motivator atau pembimbing maju dan berkembangnya pola belajar mengajar di dalam kelas.
Oleh karena itu sangat penting bagi siswa untuk memiliki buku panduan belajar atau modul, dalam hal ini khususnya adalah modul kewirausahaan. Masalah yang timbul sekarang adalah apakah buku pegangan siswa sesuai dengan tuntutan kurkulum atau belum, adanya masalah tersebut maka saya sebagai guru kewirausahaan yang menginginkan peserta didiknya maju dan berkembang sesuai dengan tuntutan kurikulum telah menyusun modul kewirausahaan melalui wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ).Pendidikan Kabupaten Cilacap..Melalui penelitian tindakan kelas yang akan saya lakukan.Saya sebagai guru kewirausahaan ingin menguji apakah modul yang menjadi pegangan siswa mampu memenuhi tuntutan kurikulum SMK tahun 2006 serta mampu menghasilkan peserta didik yang bertanggung jawab, mampu berfikir kritis, mampu memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

CONTOH PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
2. Perumusan dan Pemecahan Masalah
Salah satu penunjang kegiatan belajar mengajar di kelas adalah adanya modul. Diharapkan rasio antara siswa dengan modul adalah satu banding satu. Jadi diharapkan tiap peserta didik SMK Makmur 1 Cilacap memiliki 1 modul yang disusun sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) 2006, khsusnya adalah modul Kewirausahaan yang disusun oleh MGMP Kabupaten Cilacap.
Masalah :
1.      Apakah modul Kewirausahaan yang diterbitkan oleh MGMP mudah diperoleh oleh peserta didik.
2.      Apakah modul Kewirausahaan mudah dipahami oleh peserta didik.
3.      Apakah modul Kewirausahaan tersebut mampu mendorong guru untuk memotivasi peserta didik melakukan kegiatan belajar mengajar secara aktif.
Dari tiga masalah tersebut diatas, maka saya akan mengambil contoh data siswa kelas X jurusan Akuntansi dan Tata Busana pada tahun pelajaran 2009/2010 menggunakan modul Kewirausahaan yang disusun oleh MGMP Kabupaten Cilacap. Pengamatan dimulai setelah peserta didik memperoleh modul pada tiap kelasnya dengan data awal yaitu hasil Ulangan Semester 1 yang diikuti dengan perubahan sikap. Hasil refleksi dari siklus 1 akan dibandingkan dengan hasil pengamatan pada hasil Ulangan Semester 2 yang diharapkan meningkat setelah melalui beberapa perbaikan melalui perencanaan tahap kedua.
3. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan tuntutan Kurikulum SMK yang mengarah pada learning by doing, yaitu praktek belajar kewirausahaan sebagai inovasi pembelajaran untuk memahami afeksi dan kognitif secara mendalam melalui pengalaman belajar dengan life skill ( kecakapan hidup ). Pengalaman belajar kewirausahaan dapat dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas dengan metode CTI (contextual theaching learning). Dengan b erbagai metode dan strategi yang diterapkan diharapkan mampu mendorong peserta didik agar dapat berpartisipasi seecara aktif sebagai warga negara yang bertanggung jawab, mampu berpikir keras, mampu memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, belajar secara kooperatif sehingga dapat tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan penuh makna.
Dari tuntutan kurikulum di atas maka saya berharap mampu mewujudkan upaya penigkatan mutu peserta didikmelalui Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Peningkatan Cara Belajar Siswa Melalui Sistem Modular Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi, dan Tata Busana Tahun Pelajaran 2009/2010 SMK Makmur 1 Cilacap”
4. Manfaat Penelitian
Melalui Penelitian Tindakan Kelas ini saya berharap dapat menyumbangkan pemikiran guna meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada SMK Makmur 1 Cilacap jurusan Akuntansi,  dan Tata Busana khususnya kelas X. Mudah mudahan Penelitian Tindakan Kelas yang saya lakukan dapat bermanfaat bagi guru, siswa maupun komponen yang terkait dalam pendidikan, baik pada masa sekarang maupun masa yang akan dating.
B. Kajian Pustaka
Upaya untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas sangat penting untuk dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru khususnya dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, karena pada dasarnya Penelitian Tindakan Kelas dapat dilakukan secara sederhana dan dapat dilakukan oleh guru pada saat mengajar dengan objek penelitian yang tersedia yaitu peserta didik yang diampu oleh guru tersebut.
Karena upaya Penelitian Tindakan Kelas dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa, maka dapat langsung dikaitkan dengan mata pelajaran yang diampu oleh guru tersebut dalam rangka membentuk proses pembelajaran khususnya dalam hal ini pelajaran Kewirausahaan.
Namun demikian bahwa Penelitian Tindakan Kelas harus mengandung suatu pengertian bahwa tindakan yang dilakukan didasarkan atas upaya meningkatkan hasil yaitu pembelajaran kewirausahaan yang semakin meningkat.
Selain itu dengan melihat hasil Penelitain Tindakan Kelas yang telah dilakukan sebebelumnya dapat dilihat hasilnya yaitu semakin meningkatnya kualitas lulusan, terutama untuk tingkat SMK sehingga siswa tersebut lebih bertanggung jawab lebih profesional dalam memasuki dunia industri di Indonesia pada khususnya maupun di negara lain yang menjadi tujuannya.Disamping itu saat ini lebih banyak lagi siswa yang melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, karena memliki optimisme yang lebih besar serta memiliki wawasan yang lebih luas.
C. Metodologi Penelitian
Siklus I
Perencanaan :
Identifikasi masalah dan penerapan alternative pemecahan masalah












Tindakan





Pengamatan





Refleksi
Ø Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam pembelajaran kewirausahaan
Ø Menentukan pokok bahasan
Ø Mengembangkan skenario pembelajaran kewirausahaan
Ø Menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ø Menyiapkan sumber belajar
Ø Mengembangkan format evaluasi
Ø Mengembangkan format observasi pembelajaran
Ø Menerapkan tindakan yang mengacu pada skenario dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ø Melakukan observasi dengan alat observasi
Ø Menilai hasil tindakan dengan menggunakan format langkah-langkah pembelajaran

Ø Melakukan evaluasi tindakan yang telah dilakukan yang meliputi evaluasi mutu, jumlah dan waktu dari setiap tindakan
Ø Melakukan pertemuan untuk membahas hasil evaluasi tentang skenario, langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan lain-lain
Ø Memperbaiki pelaksanaan tindakan yang sesuai dengan hasil evaluasi untuk digunakan pada siklus berikutnya.
Ø Evaluasi tindakan I
Siklus II
Perencanaan



Tindakan

Pengamatan

Refleksi
Ø Identifikasi masalah dan penetapan alternative memecahan masalah
Ø Pengembangan tindakan II

Ø Pelaksanaan program tindakan II

Ø Pengumpulan data tindakan II

Ø Evaluasi tindakan II

Siklus-siklus berikutnya

Kesimpulan, saran, rekomendasi.
D. Jadwal Pelaksanaan
No
Rencana Kegiatan
Waktu ( Bulan ke …)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Persiapan
Menyusun konsep pelaksanaan
Menyepakati jadwal dan tugas
Menyusun Instrumen
Seminar Konsep Pelaksanaan

X

X
X
X











2
Pelaksanaan
Menyiapkan kelas dan alat
Melakukan tindakan siklus I
Melakukan tindakan siklus II


X
X


X


X


X







X




X




X




X


3
Penyusunan Laporan
Menyusun konsep seminar
Seminar hasil penelitian
Perbaikan Laporan
Penggadaan dan Pengiriman
Hasil






X






X

X





X

E. Daftar Pustaka
Suharsini Arikunta Prof.Dkk “Penelitian Tindakan Kelas” Bumi Aksara Bandung 2008.

Ariwibowo, Drs.M.Pd. “Pokok – Pokok Materi Tindakan Kelas”
Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Tahun 2008

Ating Tedjasutisna, Dr. H, “ Kewirausahaan SMK Kelas 1 “
Penerbit Armico Bandung Tahun 2004.

Komentar

  1. Makasih Gan Infonya sangat membantu bagi saya.
    Dari lombok yaa? saya juga dari lombok.
    kunjung balik dan follow http://blog-medianet.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

“ SIFAT DAN RUANG LINGKUP ILMU POLITIK”

Ilmu politik dapat di bedakan dengam ilmu social lain sejauh hal tersebut berkenan dengan wujud pengawasan atau kekuasaan di dalam masyarakat. Max webar memandang organisasi atau perkumpulan sebagai politk “ bila dan hanya apabila penyelenggaraan tatanan politik di laksanakan secara berkesinambungan dengan penggunaan paksaan terhadap anggota-anggota dalam batas teritorialnya.


Ilmu politik dapat di bedakan dengam ilmu social lain sejauh hal tersebut berkenan dengan wujud pengawasan atau kekuasaan di dalam masyarakat. Max webar memandang organisasi atau perkumpulan sebagai politk “ bila dan hanya apabila penyelenggaraan tatanan politik di laksanakan secara berkesinambungan dengan penggunaan paksaan terhadap anggota-anggota dalam batas teritorialnya.
Dalam beberapa tahun terakhir ini, kajian ilmu politik lebih di pusatkan pada hubungan-hubungan dan pola-pola intraksi individu dan politik juga lebih di pandang sebagai satu aspek dari prilaku manusia di dalam batas-batas lingkungannya
Sebag…

Judul-Judul Skripsi Pendidikan Agama Islam (PAI)

Berikut di bawah ini daftar judul SKRIPSIPendidikan Agama Islam yang bisa dijadikan refrensi dalam membuat skripsi. judul-judul ini merupakan judul yang sudah di ACC. jika anda ingin mendapatkan judul di bawah ini silahkan langsung pada menu pemesanan file skripsi. judul skripsi pendidikan agama islam (PAI) lengkap dari BAB 1 sampai BAB Penutup. UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI….MADRASAH ALIYAH YAYASAN ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN……..UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI……PANDANGAN AL-GHAZALI DAN EMILE DURKHEIM TENTANG PENDIDIKAN MORAL DALAM MASYARAKAT MODERNPELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI….PLURALISME AGAMA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (PERSPEKTIF AL QUR’AN)PENGEMBANGAN KURIKULUM FIQIH (TELAAH TERHADAP KOMPONEN KURIKULUM FIQIH PADA MADRASAH TSANAWIYAH)PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR DESA SIDOARUM, GODEANMETODE CERITA DALAM PENDIDIKAN ISLA…

Judul-Judul Skripsi MUAMALAH

Judul Skripsi SKRIPSI MUAMALAH (Syariah), Dapatkan file-filenya lengkap dari BAB I Sampai Bab Terakhir Dalam kemasan DVD dan ribuan skripsi dari jurusan lainnya.
UNDANG-UNDANG NO. 38 TAHUN 1999 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT (STUDI NORMATIF MENURUT MAZHAB SYAFI’I)TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DALUWARSA BARANG GADAI DI PERUM PEGADAIAN CABANG…ZAKAT PROFESI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAMTINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENCABUTAN KREDIT BARANG-BARANG ELEKTRONIK TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA DELIK PENYERTAAN PEMBUNUHANKONTRAK ASURANSI KONVENSIONAL (STUDI ATAS PEMIKIRAN AFZALUR RAHMAN)TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP HAK-HAK WALI KORBAN DELIK PEMBUNUHANTINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LARANGAN PERANGKAPAN JABATAN HAKIMTINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN PEMBERIAN KOMISI OLEH PERUSAHAAN BAKPIA PATHUK 25 YOGYAKARTA KEPADA JASA TRANSPORTASITINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MASALAH OVERMACHT DALAM PERJANJIAN PEMBORONGANTINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MEKANISME KLIRING PAD…